Epek Ngopi di Malam Hari Sebelum Tidur

Epek Ngopi di Malam Hari Sebelum Tidur

22 Oktober 2022, 22.31.00

Foto : Warga RT.03 RW.14 (Dar,Har,Sis)

Koran Meteor -
Ada kata-kata yang bilang ngopi di malam hari sebelum tidur tidak baik, karena akan mempengaruhi kualitas tidur. Tetapi ada pula yang menyatakan tidak akan berpengaruh, tergantung sensitifitas tubuh masing-masing.


Maka itu, tiap orang wajib mengenali sensitifitas tubuhnya masing-masing. Apakah masih cocok atau menerima jika ngopi di malam hari dilakukan atau bahkan sebelum tidur. 


Pada dasarnya kopi memang tak cuma sekadar minuman saja, tetapi juga mengandung filosofi yang mendalam. Begitu halnya dengan kesehatan yang perlu Anda ketahui.


Lalu sebenarnya apa yang sebenarnya dianjurkan, apakah benar boleh ngopi di malam hari sebelum tidur, dan apa yang akan terjadi pada tubuh kita.


Studi ngopi di malam hari


Berdasarkan studi yang diungkap sleepfoundation, dikutip Kamis (22/10/2022), kafein memang dapat memengaruhi permulaan tidur dan mengurangi waktu tidur. Begitu pula terkait efisiensi, dan tingkat kepuasan seseorang akan tidur.


Apalagi jika berkaitan dengan orang dewasa yang lebih tua, disebut mungkin akan lebih rentan terhadap masalah tidur akibat kafein.


Kata-kata studi ngopi di malam hari menyebut ada efeknya. Di mana studi meneliti efek asupan kafein enam jam sebelum tidur. Hasilnya dapat mengurangi waktu tidur satu jam. Apalagi jika dilakukan sebelum tidur, bisa jadi waktu tidur akan berkurang banyak.


Sementara peneliti dari Harvard Medical School dan Flordia Atalantic University menyimpulkan, bisa jadi perhitungan di atas tidak berlaku. Sebab semua tergantung pada bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap kafein kopi yang mereka konsumsi. 


Tidak ada aturan mutlak bahwa kafein kopi bisa membuat seseorang mengalami masalah tidur, hal ini tentang sensitifitas seseorang menerima kafein kopi. Dan satu hal lain yang tak kalah penting, soal dosis yang dikonsumsi.


Artinya, memang ada pengaruh akan kualitas tidur, tetapi balik lagi sejauh mana pula sensitifitas masing-masing orang bereaksi akan kafein. Bagi yang sensitif, maka studi menganjurkan agar ngopi di malam hari dihindarkan. Kegiatan ngopi itu justru dianjurkan enam jam sebelum tidur. 


Berapa banyak kafein aman


Kafein dapat bermanfaat dan berbahaya tergantung pada dosisnya. Maka itu, penting untuk menemukan tingkat konsumsi yang sehat untuk Anda. 


Berdasarkan rekomendasi Food and Drug Administration (FDA), untuk konsumsi kafein harian yang aman adalah sekitar 400mg, atau empat cangkir kecil kopi per hari. Secangkir besar kopi dapat memiliki hingga 470 mg kandungan kafein, yang artinya lebih dari kandungan kafein yang direkomendasikan setiap harinya.


Artinya, sangat penting untuk Anda membaca takaran atas apa yang Anda minum. Sebab ada banyak variasi dalam cara orang merespons dan memetabolisme kafein. Anda juga bisa bicarakan dengan dokter jika Anda tidak yakin apakah konsumsi kafein Anda dianjurkan.


Bagaimana ketahui kafein ganggu tidur


Apakah Anda tengah berjuang dengan insomnia, sakit kepala, atau kecemasan di siang hari? Ini bisa menjadi tanda penggunaan kafein yang berlebihan dan ketergantungan.


Masalah pada malam hari, seperti sering terbangun, ketidakmampuan untuk tertidur, dan kecemasan malam hari juga bisa menjadi tanda bahwa kafein telah mengganggu tidur Anda. Jika Anda merasa sangat mengantuk di siang hari dan kafein tidak membantu, itu bisa menjadi tanda Anda kurang tidur karena penggunaan kafein yang berkepanjangan. 


Dalam hal ini, mungkin sudah waktunya untuk meletakkan kopi dan mengejar istirahat yang sangat dibutuhkan.(Sis)




TerPopuler