Pramuka Kreatif Dan Inovatof di Masa PANDEMI

Pramuka Kreatif Dan Inovatof di Masa PANDEMI

22 Juni 2023, 14.02.00


Foto : latihan pramuka secara online / daring

Oleh
: Kak Ubriana Putri Nuraini, S. Pd (Pembina Pramuka SMP N 8 Salatiga)


SALATIGA|KoranMETEOR-Kegiatan kepramukaan selama ini identik dengan kegiatan menyenangkan yang dilakukan secara berkelompok di alam terbuka. 


Namun sejak terjadi pandemi COVID-19 banyak sekali kegiatan kepramukaan yang tidak dapat dilaksanakan seperti perkemahan, upacara, latihan rutin dan lain sebagainya.


Namun pandemi tidak menyurutkan semangat pembina pramuka untuk tetap melaksanakan latihan rutin, maka Pembina pramuka SMP 8 Salatiga berinovasi untuk melakukan latihan pramuka secara online / daring.


Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara membagi siswa kelas 7 dan 8 menjadi 8 pasukan kemudian membagi pembina pramuka menjadi 8 pasukan juga untuk menjadi penanggung jawab pasukan.


Latihan pramuka diadakan 2 minggu sekali setiap hari Jumat via whatsapp grup diawali dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Pramuka untuk tetap menanamkan jiwa patriotism dan nasionalisme.


Kemudian kegiatan  inti berupa pemberian materi dalam bentuk video dan penugasan yang dikemas secara menarik oleh kakak pembina,  lalu latihan ditutup dengan doa bersama dan menyanyikan lagi syukur. 


Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan melalui latihan online ini, seperti materi pengenalan seragam pramuka lengkap, materi tentang Cara Cuci Tangan yang benar, permainan, penempuhan  SKU dan SKK, dan masih banyak lagi. (*)

TerPopuler