Danjen Kopassus Buka Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two

Danjen Kopassus Buka Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two

25 September 2022, 19.06.00

Foto : Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M. (Tengah)

Ungaran,KM
-Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M. resmi buka Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two, di Lapangan Pacuan Kuda Tegal Waton Kab. Semarang, Minggu (25/9/2022).


Hadir dalam acara pembukaan Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Danjen Kopassus diantaranya Kasdam IV/Dip, Wakapolda Jawa Tengah, dan Pejabat Daerah setempat, Pamen Ahli Kopassus, Paran Asisten Kopassus, Dangrup-2 Kopassus.


Diterangkan Danjen Kopassus, perlombaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two merupakan lanjutan dari Nusantara Derby – Round One yang telah dilaksanakan di Pangandaran, Jawa Barat pada bulan Juli Tahun 2022.


“Besar Harapan saya, dapat mencari bibit atlet pacuan kuda dan melatih kuda pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional dan diharapkan dapat menarik peminat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia,” jelas Danjen dalam sambutannya dihadapan peserta lomba serta para tamu undangan.


Danjen berharap kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus tiap Tahunnya.



Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two Terbagi dalam 10 kelas Pacuan Utama dan 8 kelas Pacuan tambahan dengan total hadiah sebesar 370 juta rupiah, yaitu :


Pacuan Utama

a. Kelas A terbuka 2200 Meter

b. Kelas A Sprint terbuka 1300 Meter

c. Kelas B 1800 Meter

d. Kelas B Sprint 1200 Meter

e. Kelas C 1600 Meter

f. Kelas C Sprint 1100 Meter

g. Kelas D 1400 Meter

h. Kelas D Sprint 1000 Meter

i. Kelas E 1200 Meter

j. Kelas F 1000 Meter


Pacuan Tambahan :

a. Kelas Non Finalis 1400 Meter

b. Kelas calon Derby 1200 Meter

c. Kelas Calon Remaja 1200 Meter

d. Kelas 3 Tahun KPI 1000 Meter

e. Kelas G 1000 Meter

f. Kelas H

g. Kelas I

h. Kelas J


Selain kegiatan Lomba Pacuan Kuda, juga digelar Lomba Foto dan Video bertemakan kegiatan lomba tersebut.


Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 – Round Two ini merupakan kerjasama Grup 2 Kopasus dengan Komunitas Pacuan Kuda Indonesia dan IHRC (Indonesia Horce Racing Comunity) serta seluruh sponsorship.


Kontingen yang mengikuti

kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II ini ada10 Kontingen yang tediri dari beberapa Provinsi, seperti Sumatera Barat,Lampung, Jawa Barat, Jakarta,Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur,Kalimantan Barat,Kalimantan Selatan,Sulawesi Barat.


Dalam pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II di Tegalwaton mengikutsertakan 122 ekor kuda yang dipersiapkan selama 1 bulan oleh Personel Kopassus di bantu oleh masyarakat sebagai wujud implementasi kemanunggalan dengan Rakyat.


Disisi lain, banyak kebanggaan dan antusias masyarakat mendukung kegiatan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 ini.


Hal ini nampak dari banyaknya penonton maupun para pengikut Lomba Pacuan Kuda.


Prabu Galuh pemilik Media Cakra

Karena kekagumannya kepada pasukan elite TNI, nampah salah seorang pemilik Media Cakra berpase dengan patung Kopasus.


Menurut Prabu Galuh pemilik Media Cakra, Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan pasukan elite di jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD.


Kopassus berbeda dengan pasukan reguler, prajurit yang bernaung di dalam kopassus kerap menjalankan misi-misi khusus.


Untuk membedakan dengan pasukan reguler, satuan setingkat Brigade diberi nama grup. Salah satunya adalah kopassus grup 2.


Kopassus Grup 2/Sandi Yudha adalah satuan setingkat brigade yang merupakan bagian dari Kopassus TNI AD. Grup 2/Sandi Yudha didirikan pada tahun 1962.


Grup 2/Sandi Yudha bermarkas di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


Dhuaja yang digunakan adalah Dwi Dharma Bhirawa Yudha. Grup 2 memiliki lambang naga terbang. Maknanya adalah kesatuan kedua kopassus yang terdiri dari prajurit setia dan luhur serta merupakan kekuatan ampuh dan dahsyat yang siap menghadapi perang, ungkapnya.





TerPopuler