Temuan Terkait Dugaan Penyimpangan Mutu Pengerjaan di Puskesmas Cebongan, AJCK Siap Akan Turunkan Ahli Konstruksi, Ia Menilai Pengawas dan Konsultan Tidak Maksimal Kerjanya

Temuan Terkait Dugaan Penyimpangan Mutu Pengerjaan di Puskesmas Cebongan, AJCK Siap Akan Turunkan Ahli Konstruksi, Ia Menilai Pengawas dan Konsultan Tidak Maksimal Kerjanya

09 September 2022, 00.42.00
Ilustrasi.


Laporan: Nawang


SALATIGA,KM - Aliansi Jateng Cegah Korupsi (AJCK) menduga adannya penyelewengan mutu dalam proses pembangunan salah satu gedung di Pusksesmas Cebongan Argomulyo Salatiga.


"Hasil pantauan kami diduga adanya kualitas mutu bangunan. Baik dari pengerjaan maupun kualitas material,"kata Ketua Cahyono ST Ketua AJCK.


Diungkapkanya, dari pantauan kami dilapangan sejak diawali pengerjaan kami kumpulkan data.


"Sejak dimulainya proyek itu sengaja kami lakukan pantauan. Kami cek lokasi diluar jam kerja agar tidak mengganggu pelaksanaanya,"tandas Cahyono.


Disampaikanya, nantinya kami akan koordinasi kepada pihak terkait agar pembangunan gedung itu dilakukan kajian dahulu serta harus dilakukan  uji kelayakan.


"Kami siap buka bukaan data hasil temuan kami,"tuturnya.


Selain itu, lanjut Cahyono, peran pihak pengawas internal salah satunya konsultan dinilai kurang maksimal.


"Pengawasnya gimana kerjanya, dan konsultannya seperti apa kok bisa kecolongan seperti itu,"tandasnya.


Ketika ditanya lebih lanjut, Cahyono mengungkapkan,"Nanti kita akan gelar konferensi pers. Pasti kita buka semua dan siap hadirkan ahli konstruksi. Itu dibangun pakai uang negara, jangan main,"tegasnya.


Bedasar laporan kami terima, dibalik pengerjaan itu ada oknum aparat yang membekingi."Itu masih dugaan. Nanti jika falid pasti kita adukan,"terangnya.


Ditambahkan Cahyono, dinas terkait harusnya jangan diam seribu bahasa. Harus menegur agar kualitas bangunan bagus. Karena jika dibiarkan itu berpotensi merugikan negara.(*)

TerPopuler